Penyakit Kanker Hati

Kanker hati adalah suatu kanker yang timbul dari hati. Kanker hati juga dikenal sebagai kanker hati primer atau hepatoma.

Hati berbentuk dari tipe-tipe sel yang berbeda, misalnya pembuluh-pembuluh darah, dan sel-sel penyimpanan lemak. Sel-sel hati membentuk hingga 80 persen dari jaringan hati. Tak heran jika mayoritas dari kanker-kanker hati primer muncul dari sel-sel hati dan disebut dengan istilah kanker hepatoselular atau karsinoma.

Kanker hati

Kanker hati juga sering dipahami sebagai kanker yang telah menyebar ke hati, dan berasal dari organ-organ lain, seperti besar, lambung, pancreas, payudara dan paru-paru. Tipikal kanker hati ini secara khusus disebut kanker hati metastatic hati sekunder. Jadi, istilah kanker hati sebenarnya bisa merujuk pula pada kanker hati metastatic atau kanker hepatoselular.

Kanker hati adalah jenis kanker kelima paling umum di dunia. Kanker ini adalah kanker yang mematikan dan bisa membunuh hampir semua penderitanya dalam waktu satu tahun.

Pada 1990, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperkirakan ada sekira 430.000 kasus baru dari kanker hati diseluruh dunia. Jumlah yang sama juga muncul dari para penderita yang meninggal akibat penyakit ini.

Sekira tiga perempat kasus kanker hati ditemukan di Negara-negara di Asia, seperti China, Hong Kong, Taiwan, Korea dan Jepang. Kanker hati juga menjadi penyakit yang sangat umum di Afrika Sub-Sahara, seperti di Mozambik dan Afrika Selatan.

Lebih dari 20 kasus kanker hati per 100.000 populasi terjadi di Asia Tenggara dan Afrika Sub-Sahara. Sedangkan di Amerika Utara dan Eropa Barat terjadi kurang dari lima per 100.000 populasi.

Frekuensi kanker hati di Alaska sebanding dengan yang dapat ditemui di Asia Tenggara. Sedangkan, frekuensi kanker hati di Amerika secara umum justru meningkat, terutama kanker hepatitis C kronis, suatu infeksi hati yang menyebabkan kanker hati.


=====================================

>>> Keladi Tikus (Typhonium Flagelliforme) Membantu Menghambat Pertumbuhan Kanker/Tumor dan Memelihara Daya Tahan Tubuh, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Penyebab Kanker Hati and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>