Penyebab Kanker Hati

Penyebab Kanker HatiHati adalah organ tubuh yang sangat penting, karena hati akan menjaga keseimbangan tubuh khususnya untuk racun. Racun yang ada di dalam tubuh akan dikeluarkan atau di buang oleh hati sehingga keseimbangan tubuh tetap terjaga dengan baik. penurunan fungsi organ hati akan menyebabkan keseimbangan tubuh terganggu sehingga bisa menimbulkan gangguan kesehatan tubuh, penyakit kanker hati salah satu penyakit yang bisa menyebabkan penurunan fungsi hati. Kanker termasuk penyakit yang serius dan mematikan dan bisa menyerang seluruh organ tubuh tidak terkecuali hati. Ada dua kondisi kanker hati yang bisa terjadi, pertama bisa sel kanker memang berasal dari hati atau tumbuh langsung pada hati atau yang kedua dikarenakan anggota tubuh yang lainnya memiliki sel kanker, jadi karena sudah parah maka sel kanker menyebar ke hati. Ditemukan kanker hati yang paling sering terjadi ialah kanker hati yang disebabkan sel kanker yang memang berkembang langsung pada hati atau bagian hepatosit.

Siapa pun berisiko untuk menderita kanker hati tetapi risiko terjadinya kanker hati lebih besar dialami oleh pria di bandingkan oleh wanita, kanker hati juga termasuk penyakit kanker yang banyak jumlah penderitanya. kanker hati sangat berbahaya karena fungsi hati yang penting akan terhenti ketika ada sel kanker yang tumbuh. Fungsi hati yang akan menurun seperti untuk menghilangkan racun, mencerna protein dan lemak, terhambatnya produksi cairan empedu yang akan digunakan untuk mencerna maupun pengontrolan penggumpalan darah. fungsi penting yang menurun secara perlahan lahan yang pada akhirnya akan menurunkan kesehatan tubuh akibat hati tidak lagi berfungsi dengan normal.

Penyebab Kanker Hati

Kanker hati penyebabnya belum diketahui dengan pasti sampai pada saat ini, meskipun begitu ada beberapa penyebab kanker hati yang bisa terjadi. dibawah ini beberapa faktor risiko terjadinya kanker hati :

  • Penyebab Kanker Hati Sirosis Hati

Sirosi hati adalah kondisi dimana hati terdapat jaringan parut. Jaringan parut ini akan menggantikan jaringan normal yang ada pada organ hati. Karena jaringan parut maka efeknya pada hati akan mengeras secara perlahan lahan. Karena pengerasan hati maka fungsi hati juga bisa menurun secara perlahan lahan. Di saat hati tidak lagi berfungsi bisa memicu pertumbuhan sel sel tidak normal pada hati atau sel kanker. oleh sebab itu faktor penyebab kanker hati bisa dikarenakan adanya sirosis hati meskipun tidak semua sirosis hati akan berujung dengan kanker hati.

  • Penyebab Kanker Hati Hepatitis B

Faktor penyebab kanker hati juga bisa berasal dari hepatitis terutama infeksi hepatitis B. Akibat penyakit hepatitis b pun juga bisa meningkatkan risiko terjadinya kanker hati dikarenakan hepatitis jenis ini bisa menyebabkan luka parut yang menurunkan fungsi hati juga. oleh karena itu sebaiknya lebih hati hati lagi agar tidak terinfeksi, biasanya penularan hepatitis b melalui aliran darah atau cairan tubuh seperti cairan vagina, mani atau bahkan air liur.

  • Penyebab Kanker Hati Hepatitis C

Tidak hanya hepatitis b yang bisa menjadi faktor penyebab kanker hati, tetapi juga bisa dikarenakan oleh hepatitis c. penyakit hepatitis c memang lebih parah dari pada b, karena kondisi hati jika sudah mencapai tahap ini akan sangat buruk karena itu lebih berisiko tinggi untuk menyebabkan kanker hati juga.

  • Penyebab Kanker Hati Perlemakan hati non alkoholik

Perlemakan alkoholik adalah gangguan kesehatan dimana pada jaringan hati ada penumpukan lemak. Penumpukan lemak ini bisa memberikan efek pada fungsi hati karena adanya peradangan hati. Karena penumpukan lemak sulit diketahui sebab tidak ada gejala yang menonjol sehingga lama kelamaan muncul jaringan parut juga pada hati dan menjadi faktor risiko penyebab kanker hati juga pada akhirnya.

  • Penyebab Kanker Hati Alkohol

Alkohol tidak baik di konsumsi selain bisa menyebabkan kehilangan kesadaran di dalam alkohol pun memiliki zat yang berbahaya sehingga hati akan menyaringnya agar tidak merusak tubuh tetapi karena alkohol sering diminum dan kerja hati terus berlanjut sehingga efeknya akan menurunkan fungsi hati juga lama kelamaan. Oleh karena itu kecanduan alkohol salah satu penyebab kanker hati juga.

Selain penyebab kanker hati yang disebutkan diatas, terjadinya kanker hati juga bisa disebabkan oleh hepatitis autoimun. Hepatitis autoimun bukan disebabkan oleh infeksi dari virus tetapi bisa berasal dari imunitas sendiri. Imunitas yang menyerang tubuh atau sel sel hati sehingga lama kelamaan sel sel tersebut pun akan rusak.

Kanker hati memiliki gejala yang akan muncul tetapi gejalanya baru akan muncul pada saat stadium lanjut, di stadium awal kanker hati jarang muncul gejala kanker hati. Gejala kanker hati yang bisa muncul seperti berikut ; Merasa sangat lelah dan lemas,Sakit perut, Gatal-gatal, Organ hati membengkak, Merasa mual dan muntah, Ascites atau penumpukan cairan di dalam perut. Perut terlihat membengkak, Tungkai membengkak karena penumpukan cairan, Turunnya berat badan tanpa sebab, Kulit dan bagian putih mata yang menguning, Urine berwarna gelap, Tinja berwarna putih seperti kapur. Pengobatan sebaiknya cepat dilakukan agar penyebaran sel kanker tidak semakin parah dan kerusakan hati masih bisa dicegah. (By:RM)

Penyebab Kanker Hati


=====================================

>>> Keladi Tikus (Typhonium Flagelliforme) Membantu Menghambat Pertumbuhan Kanker/Tumor dan Memelihara Daya Tahan Tubuh, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Penyebab Kanker Hati and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.